Bidvertiser

Kerangka analisis dana talangan haji.




BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
Dalam era global sekarang ini, peranan perbankan dalam memajukan peranan suatu negara sangatlah besar. Hampir semua sektor yang berhubungan dengan berbagai kegiatan keuangan selalu membutuhkan jasa perbankan. Oleh karena itu, saat ini dan dimasa yang akan datang kita tidak akan lepas dari dunia perbankan, jika sedang menjalankan aktifitas keuangan, baik perorangan ataupun suatu perusahaan.
Bagi masyarakat yang hidup di Negara-negara maju, seperti Negara Eropa, Amerika dan Jepang, mendengar kata bank sudah bukan merupakan barang asing. Bank suadah merupakan mitra dalam rangka memenuhi semua kebutuhan keuangan mereka. Bank itu sendiri dijadikan tempat untuk melakukan berbagai transaksi yang berhubungan dengan keuangan seperti tempat mengamankan uang, melakukan pembayaran, pengirimkan uang, melakukan penagihan.
Saat ini banyak sekali Bank syariah yang sudah berdiri di Indonesia, semua bank syariah saling bersaing dalam membuat produk mereka, dan juga memberikan layanan terbaik kepada masyarakat (nasabah). Banyak produk-produk yang telah diciptakan Bank syariah antara lain : produk pembiayaan, penghimpunan dana, ataupun produk jasa. Semua produk ini ditujukan untuk melayani masyarakat (nasabah).
Produk-produk perbankan syariah sangat populer dan banyak diminati adalah produk pembiayaannya. Dalam produk pembiayaan ini banyak macam-macamnya antara lain: produk pembiayaan konsumtif. Pembiayaan konsumtif diperlukan oleh pengguna dana untuk memenuhi kebutuhan yang langsung dikonsumsi. Kebutuhan konsumtif dapat dibedakan atas kebutuhan primer (pokok atau dasar) dan kebutuhan sekunder. Kebutuhan primer misalnya: makanan, minuman, pakaian, rumah tinggal, maupun berupa jasa seperti : pendidikan dasar atau pengobatan. Adapun kebutuhan sekunder adalah kebutuhan tambahan yang secara kuantitatif maupun kualitatif lebih tinggi atau lebih mewah dari kebutuhan primer baik berupa barang ataupun jasa seperti : pendidikan, pariwisata, hiburan dan lain-lain.
Indonesia merupakan Negara berpenduduk muslim terbesar didunia hampir 85% yang tersebar dari sabang samapi merauke, oleh karena itu merupakan salah satu modal utama kenapa banyak bank-bank konvensional membuka unit usaha syariah ataupun membuka bank syariah yang terlepas dari induk usahanya. Selain itu bank-bank syariah berlomba-lomba membuat berbagai macam produk pembiayaan salah satunya produk pembiayaan talangan haji. Produk pembiayaan ini menggunakan prinsip Qardh wal Ijarah. Dalam pengertian prinsip Qard wal Ijarah adalah akad pemberian pinjaman dari bank untuk nasabah yang disertai dengan penyerahan tugas agar bank menjaga barang jaminan yang diserahkannya, dalam arti kata, pihak bank menjaga jaminan yang diberikan oleh nasabahnya.
Produk pembiayaan ini merupakan produk yang prospeknya bagus karena banyak orang-orang muslim ingin sekali menunaikan ibadah haji seperti tercantum pada Rukun Islam yang terakhir. Akan tetapi selalu terbentur masalah biaya yang sangat mahal, oleh karena itu sebagai peranan perbankan syariah sangat besar. Bank bukan hanya sebagai tempat untuk mencari keuntungan ataupun berinvenstasi untuk kehidupan dunia saja akan tetapi sebagai jalan mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Akan tetapi pada saat ini banyak sekali nasabah yang ingin menunaikan ibadah haji dengan menggunakan jasa dari bank konvensional yang menggunakan sistem bunga, apakah dalam pembiayaan ini yang dijadikan oleh bank syariah sama dengan yang dijalankan oleh bank konvensional? Pembiayaan untuk talangan haji ini pada dasarnya menggunakan akad Qard wal Ijarah, pembiayaan ini adalah pinjaman kebajikan atau lunak tanpa imbalan. Apakah jenis pembiayaan ini sesuai dengan prinsip tersebut, kita tahu bahwasannya bank adalah salah satu lembaga profit yang senantiasa mengambil keuntungan pada setiap transaksi yang dijalankan, apakah benar begitu yang dijalankan, lantas darimana bank mendapatkan keuntungan dari pembiayaan jenis ini.
Oleh karena itu penulis merasa tertarik untuk menganalisis cara yang dijalankan bank syariah dalam pembiayaan dana talangan haji ini yang akan dituangkan dalam proposal skripsi yang berjudul : ‘’ Analisis pembiayaan Talangan Haji pada Bank Syariah’’.
1.2  Pembatasan dan Perumusan Masalah

A.     Pembatasan Masalah
Agar penelitian ini lebih terarah maka penulis membatasi permasalahannya adalah sebagai berikut:
1.      Proses pemberian dana talangan haji.
2.      Penelitian di PT. Bank Sayriah Mandiri kantor cabang.

B.     Perumusan Masalah
Dengan demikian diantaranya sebagai berikut :
1.      Bagaimana prosedur talangan haji pada Bank Syariah Mandiri?
2.      Bagaiman bagi hasil yang diberikan pada pemberian talangan haji di Bank Syariah Mandiri?
1.3  Tujuan Penelitian
Tujuan penelitan adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui bagaimana cara pemberian dana talangan haji.
2.      Untuk mengetahui proses dan kerja yang dilakukan pihak bank agar nasabah tersebut dapat menerima dana talangan haji ini.
1.4  Manfaat penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah ingin mengetahui apa yang menjadi tujuan penelitian (dapat dilihat 1.3) agar dapat membari sumbangan pemikiran dalam analisis talangan haji pada bank syariah. Selain itu agar secara akademis dapat pila menjadi sumbangan pengetahuan bagi penulis sendiri ataupun masyarakat.
1.5  Metode Penelitian
Metode penelitian data yang digunakan yaitu Field Research (penelitian Lapangan). Penelitian dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang analisis pembiayaan talangan haji. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada skripsi adalah dengan wawancara atau observasi dan juga mengambil data dari referensi buku, dan pada skripsi ini mengambil data dari institusi yang diteliti dalam hal ini PT. Bank Mandiri yaitu pada Divisi Pembiayaan.
1.6  Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan dalam proposal skripsi ini, penulis dapat membagi menjadi 5 bab yaitu:
BAB I              : Pendahuluan
                        Memberikan uraian tentang latar belakang penulis proposal skripsi,
                        Pembatasan dan perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian,
                        Dan metode penelitian.
BAB II                         : Landasan Teori
                        Berisikan tentang : pengertian Qardh, landasan hukum Qardh, rukun dan syarat Qardh
                        Tujuan dan manfaat Qardh, pengertian Ijarah, landasan hukum Ijarah, rukun dan
                        Syarat Ijarah, dan pengertian Qardh wal Ijarah.
BAB III            : Gambaran Umum Instansi
                        Sejarah singkat berdirinya, visi dan misi, struktur organisasi instansi, produk dan jasa
                        Perbankan.
BAB IV           : Analisis
1.      Analisis talangan haji pada bank konvensional.
2.      Analisis talangan haji pada bank syariah mandiri.
3.      Syarat-syarat penerimaan talangan haji.
4.      Manfaat lebih adanya talangan haji bagi Bank dan Nasabah.
5.      Faktor-faktor yang menjadi daya tarik talangan haji syariah.
6.      Struktur cost of product talangan haji.
BAB V             : Penutup
                        Kesimpulan dan saran.





1 komentar:

  • AMISHA says:
    18 Oktober 2018 pukul 20.40




    Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp15 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

Posting Komentar

Bidvertiser